bisnis sayur organik jadi peluang usaha yang menguntungkan

Bagi sebagian orang, memilih jenis bahan makanan sehat merupakan sesuatu yang berharga, apalagi tujuannya untuk kesehatan. Hal tersebut juga menjawab mengapa saat ini sudah banyak orang yang memilih bahan makanan seperti sayuran organik datau produk daging organik. Selain banyak kelebihannya untuk dikonsumsi, produk bahan makanan sehat ini juga sudah mulai banyak dijadikan bisnis, seperti bisnis sayur organik.

Tidak hanya itu, terlebih saat ini sudah banyak juga supermarket yang menjual produk sayur, buah dan daging organik, sehingga peluang bisnis sayur oraganik bisa jadi alternatif untuk membangun usaha yang menjanjikan. Bahkan, beragam studi dan penelitian pun penasaran ingin mencari tahu tentang manfaat dari bedanya mengonsumsi makanan organik dengan yang non organik.

Hasilnya, setidaknya ada empat manfaat jika kita mengonsumsi makanan organik, seperti yang dirangkum berikut ini:

1. Memiliki kandungan pestisida dan logam berat yang sedikit

Studi ini dilakukan sekitar tahun 2014 dalam British Journal of Nutrition, yang mengemukakan bahwa hasil panen bahan makanan organik memiliki kandungan pestisida yang lebih sedikit. Tidak hanya itu, kandungan logam berat seperti kadmium, kandungannya 48% lebih sedikit.

2. Memiliki kandungan lemak sehat yang lebih banyak

Tidak hanya buah dan sayur, ternyata produk susu dan daging juga memiliki varian organik loh. Nah, berdasarkan studi yang dilakukan British Journal of Nutrition pada tahun 2016, produk bahan susu dan daging organik, mengandung setidaknya 50 % lebih banyak asam lemak omega-3.

Namun, perlu diketahui bahwa cara menternak produk susu dan daging organik ternyata juga berbeda. Hal tersebut dapat dilihat bahwa hewan ternak organik akan lebih banyak memakan rumput segar dan juga lebih banyak menghabiskan waktu di luar kandang.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Pernikahan Menjanjikan Ala Milenial Yang Wajib Dicoba Usai Lebaran

3. Bahan makanan organik tidak mengandung antibiotik atau hormon pertumbuhan sintetis

Biasanya di peternakan konvensional, hewan akan diberikan antibiotik dengan tujuan untuk mencegah hewan ternak terserang penyakit. Tidak hanya itu, ada juga hewan ternak yang disuntik hormon pertumbuhan sintetis dengan tujuan untuk menambahkan berat badan ternah dengan cepat.

Akan tetapi, ternyata pemberian antibiotik dan hormon sintetis ke hewan ternak akan mempengaruhi resistensi antibiotik di dalam tubuh manusia saat dikonsumsi.

Hal ini tidak akan terjadi, jika manusia mengonsumsi produk dari ternak organik. Karena tidak banyak senyawa kimia yang akan masuk ke dalam tubuh, sehingga tubuh manusia akan terbebas dari residu antibiotik dan hormon pertumbuhan sintetis.

4. Kaya dengan antioksidan

Manfaat yang ke empat adalah produk makanan organik memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Sebut saja tanaman bawang merah organik yang terbukti memiliki 20% kandungan antioksidan ketimbang ditanam dengan cara konvensional.

Dari ke empat manfaat produk makanan organik di atas, memang dapat memberikan manfaat jika dikonsumsi. Nah, karena bisa memberikan manfaat lebih untuk para konsumen, maka tidak heran jika saat ini banyak orang yang beralih menjadi pebisnis sayur organik. Bisnis dengan peluang yang cukup besar ini bisa Anda coba, bahkan hanya dengan lahan kecil sekalipun. Jika Anda berencana untuk membangun bisins sayur organik, sebaiknya Anda ketahui 5 kiat sukses berbisnis sayur organik yang dirangkum Cekaja.com berikut ini:

1. Siapkan media tanam

Untuk bisa membangun bisnis sayur organis, Anda tidak perlu memikirkan soal lahan yang besar, karena sebenarnya menanam sayur organik bisa dilakukan dilahan yang kecil sekalipun. Hal yang terpentingnya adalah Anda harus menyediakan tanah yang subur, karena tanah yang subur biasanya mengandung unsur hara yang tinggi seperti zat berisi macam-macam mineral, sehingga akan bisa membantu berfotosintesis dengan baik.

Tidak hanya itu, untuk memiliki tanah yang subur, Anda juga bisa gunakan media pendukung, seperti sekam padi, kotoran hewan yang sudah kering, atau pupuk kompos. Anda juga tidak perlu membutuhkan banyak peralatan yang rumit, karena hanya dengan pot kecil atau wadah bekas air minera pun bisa dijadikan alternatif.

Tidak hanya menyiapkan media tanam, Anda juga harus mempelajari berbagai cara menanam sayur yang baik dan hal penting lainnya. Untuk informasi lebih lengkap terkait kiat-kiat sukses menjadi pebisnis sayur organik, Anda bisa baca artikel selengkapnya di link berikut ini: https://www.cekaja.com/info/5-kiat-sukses-bisnis-sayur-organik/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *