Pinjaman Online

 

Kehadiran platform pinjaman online bukanlah hal yang asing lagi bagi masyarakat modern di tanah air. Kini, Anda bisa mengajukan pinjaman online kota Bekasi dan kota-kota besar lainnya secara praktis melalui platform tersebut. Prosesnya bisa dilakukan secara cepat dalam hitungan menit.

Namun, tidak semua platform pinjaman online memiliki status yang legal dan bisa dipercaya. Justru tak sedikit platform ilegal yang akhirnya meresahkan karena merugikan masyarakat. Anda harus memahami ciri-ciri platform pinjaman online ilegal agar tidak mudah terkecoh saat akan mengajukan pinjaman.

Tidak Diakui dan Tidak Terdaftar di OJK

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memiliki data lengkap tentang platform pinjaman online di tanah air. Platform pinjaman online yang kredibel minimal memiliki status diakui di OJK. Ada pula yang statusnya terdaftar dan berizin. Anda patut curiga dengan platform pinjaman online yang tidak tertera dalam data OJK. Karena kemungkinan besar platform tersebut masih berstatus ilegal.

Identitas Perusahaan Tidak Jelas

Platform pinjaman online yang beroperasi secara legal pasti mencantumkan identitasnya secara jelas sebagai bentuk kredibilitas. Sehingga masyarakat tidak kesulitan mengakses informasi tentang platform tersebut. Namun, tidak demikian halnya dengan platform pinjaman online ilegal. Biasanya platform tersebut justru merahasiakan identitasnya. Bahkan, alamat kantornya pun tidak jelas. Platform ilegal memanfaatkan pengguna internet awam yang tidak teliti mencari informasi pinjaman online sebelum mulai mengajukan pinjaman.

Memberikan Kemudahan yang Tidak Logis

Anda patut curiga bila ada platform pinjaman online yang memberikan kemudahan proses secara tidak logis. Memang kini banyak platform pinjaman online terpercaya yang bisa memproses pinjaman dalam waktu kurang dari 30 menit. Namun, banyak pula yang memanfaatkan hal tersebut untuk menipu masyarakat.

Kemudahan proses pinjaman yang tidak diimbangi dengan kelengkapan identitas Anda sebagai peminjam wajib menimbulkan kecurigaan. Karena seluruh platform pinjaman online pasti ingin mendapatkan data tentang identitas lengkap para peminjam dana.

Menyalin Data-Data Pribadi dari Smartphone Peminjam Dana

Platform pinjaman online yang bisa diakses melalui aplikasi mobile ternyata bisa menjadi modus penipuan baru. Karena aplikasi tersebut dirancang untuk menyalin beragam data pribadi dari smartphone sang peminjam dana (misalnya kontak telepon dan foto-foto). Padahal, tindakan tersebut jelas melanggar privasi sang peminjam. Karena platform pinjaman online tak boleh mengakses data-data pribadi selain identitas yang dilampirkan dalam proses pengajuan pinjaman.

Bunga dan Denda Pinjaman Sangat Tinggi

Ketika berada dalam situasi mendesak, banyak orang tak pikir panjang untuk mengajukan pinjaman online berbunga tinggi. Padahal, tindakan tersebut bisa membuat sang peminjam dana rentan terlilit utang. Platform pinjaman online akan memanfaatkan momen untuk mendapatkan bunga dan denda tinggi. Bahkan, bunga dan denda tersebut kerap diakumulasikan secara tidak terbatas hingga nilainya berlipat-lipat ganda dari total pinjaman awal.

Menagih secara Memaksa dan Penuh Intimidasi

Platform pinjaman online sering kali menagih cicilan dengan cara yang memaksa, mengancam, dan penuh intimidasi. Selain membuat peminjam dana merasa risih, hal tersebut juga mengganggu privasi. Tak sedikit platform pinjaman online yang mengancam akan menyebarkan data-data pribadi peminjam dana bila tidak melunasi pinjaman. Proses penagihan harus dilakukan secara profesional meskipun peminjam dana memang mengalami keterlambatan dalam membayar.

Kalau tak ingin terjebak dalam jeratan platform pinjaman online ilegal, Anda bisa mencari informasi melalui link ini: https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online

CekAja.com adalah website perbandingan produk finansial yang bisa membantu Anda membandingkan platform pinjaman online berbunga rendah dengan proses yang cepat. Risiko terjebak platform pinjaman online bisa diminimalkan bila Anda mengandalkan CekAja.com.

Bersama CekAja.com, mengajukan pinjaman online jadi makin aman dan menyenangkan.

One thought on “Ciri-Ciri Platform Pinjaman Online Ilegal yang Patut Anda Waspadai”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *